Monday, February 18, 2013

Batik tanktop daur ulang

batik tanktop

Atasan batik ini adalah projek latihan jahit saya selanjutnya. Lebih tepat jika disebut daur ulang baju lama, karena saya membuat atasan itu dari baju daster batik yang sudah tidak dipakai. Dulu saya beli dasternya (lupa ga sempat foto) di Mirota batik Jogja sekitar 25 ribuan. Bajunya enak banget dipake tidur atau pas main-main di dalam rumah. Sayangnya , karena mungkin keseringan dipakai, bagian lengan bawahnya jadi sobek bolong rantas (bahasa apaan ini ya) dan ga cantik dipakai lagi.

Untuk mengubah tampilan daster batik menjadi atasan, saya memakai acuan dari baju "spring ruffle top" ini. Perbedaannya kalau di baju saya motif kainnya cuma satu (semua dari 1 daster batik), sedangkan di model acuan memakai motif yang berlain pada bagian dada dan pundak. Lalu pada bagian ruffle-nya kurang nge-ruffle gitu, karena bahannya kurang panjang (kurang kain bok hehehehe).

detail depan
Supaya ada perbedaan bagian depan dan belakangnya, saya tambahkan pita kecil di bagian depan. Seharusnya sih ada bagian yang dilipat-lipat pleat gitu, cuma di tempat saya enggak hehehe.

Yap, demikian atasan hasil daur ulang daster saya, hasilnya cukup sexy nyaman untuk di kamar tidur loh ;-).

No comments:

Post a Comment